Rabu, 12 September 2012

Pengalaman Pribadi dari Manusia dan Pengalaman Hidup, Tanggung Jawab, Kegelisahan, dan Harapan

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Pandangan hidup bersifat kodrati. Pandangan hidup artinya pendapat pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat merupakan hasil pemikiran manusia.

Pandangan hidup saya tak lepas dari ajaran agama yang saya anut yaitu islam. Islam adalah agama yang sangat sempurna di mata Allah SWT. Agama Islam adalah pedoman hidup yang sangat sempurna. Islam selalu mengajarkan kebaikan dan kebajikan serta kasih sayang terhadap umat muslim beragama. Pada setiap diri manusia mempunya suatu ambisi dalam hidup mulai dari pahala untuk didunia dan diakhirat , kesuksesan, serta cita-cita. Untuk mencapai sesuatu yang diingikan diperlukan kerja keras, impian , dan berdoa.

Pengalaman Pribadi saya pada hal ini adalah sewaktu saya ingin masuk keperguruan tinggi. Sewaktu duduk dibangku SMU saya bercita-cita ingin masuk keperguruan tinggi swasta dan mendapatkan beasiswa serta dapat mengembangkan kemampuan saya khususnya dibidang IT. Allhamdulillah dengan kerja keras dan usaha saya selama ini belajar siang dan malam akhirnya saya diterima di salah satu perguruan tinggi swasta dibekasi dengan mendapatkan beasiswa. Dengan mendapatkan beasiswa saya dapat membantu meringankan beban kedua orang tua saya pada saat pembayaran kuliah. Impian/cita-cita takkan terwujud apabila kita tidak berusaha, berdoa, dan yakin akan kemampuan kita.


MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Tanggung Jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menaggung akibatnya. Tanggung Jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
,
Pengalaman saya dalam hal ini, saya menjadi sosok kakak yang harus bijaksana dan bertanggung jawab atas adik-adik saya. Peran seorang kakak dalam keluarga sangat besar maka dari itu seorang kakak layak memberikan contoh yang baik bagi adik-adiknya agar adik-adiknya menjadi anak yang baik.

Contoh macam-macam Tanggung Jawab seorang kakak , yaitu :

1. Seorang kakak harus bertanggung jawab mendidik adik-adiknya
2. Seorang kakak harus bisa menjadi sahabat bagi adik-adiknya
3. Seorang kakak harus bisa menjadi tauladan bagi adik-adiknya
4. Seorang kakak harus bisa menjaga adik-adiknya
5. Seorang kakak harus mengalah terhadap adik-adiknya
6. Dan lain-lain

MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Kegelisahan berasal dari kata gelisah , yang berarti tidak tentram hatinya , selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Tidak lain dari semua itu adalah reaksi natural psikologis dan phisiologis akibat ketegangan saraf dan kondisi-kondisi kritis atau tidak menyenangkan.

Kegelisahan yang menurut saya paling berkesan adalah ketika pada saat menunggu hasil kelulusan SMU. Pada saat itu perasaan saya sangat gelisah dan tidak nyaman karena apabila tidak lulus saya sudah pasti ngulang. Untuk mengatasi kegelisahan maka saya putuskan untuk shalat dhuha karena hasil kelulusannya dianter olah pegawai kantor pos pada jam 11 dan saya ada waktu untuk shalat shuha. Menunggu dan menunggu itulah yang saya bisa lakukan dan pasrah akan hasil yang akan saya terimaa nantinya. Allhamdulillah tidak lama kemudian ada pegawai kantor pos datang kerumah dan memberikan hasil kelulusan. Perasaan saya sangat bahagia sekali ketika tahu saya lulus. Kegelisahan dapat diatasi dengan cara mendekatkan diri dengan Allah SWT.

MANUSIA DAN HARAPAN

Harapan adalah keyakinan emosional pada kemungkinan hasil positif yang berhubungan dengan kejadian dan keadaan hidup. Harapan membutuhkan tingkat ketekunan yaitu percaya bahwa sesuatu itu mungkin terjadi bahkan ketika ada indikasi sebaliknya.

Setiap manusia selalu mempunyai harapan. Harapan harus diimbangi dengan kemauan dan kerja keras. Segala bentuk harapan tidak akan terwujud apabila kita tidak berusaha. misalnya, ingin mempunyai rumah mewah dan mobil. Semua itu hanyalah sebuah harapan yang ingin dimiliki tanpa usaha tidak akan tercapai..

Pengalaman Pribadi saya dalam hal ini, saya selalu berfikir dengan menyelesaikan kuliah D3 maka semuanya telah berakhir. Dengan ijazah D3 saya dapat mendapatkan pekerjaan yang baik. Ternyata pemikiran saya salah ijazah D3 tidak menjamin akan mendapatkan pekerjaan yang bonafit. Maka saya putuskan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang S1 dengan harapan saya mendapatkan pekerjaan yang bonafit syukur-syukut bisa menjadi bagian dari PNS (Pegawai Negeri Sipil). Tidak semua harapan dapat terlaksana semua butuh proses dan pengalaman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar